Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keggunakan Aplikasi Slip Gaji & Manfaatnya

Banyak terdapat Aplikasi Slip Gaji yang telah terintegrasi dengan aplikasi payroll dalam Human Resources Information System (HRIS). Aplikasi ini dibuat demi memudahkan segala proses penggajian karyawan. 

Pentingnya slip gaji sebagai bukti pembayaran upah karyawan!

Slip gaji merupakan hal yang terkesan sederhana. Namun, hal ini sangat penting adanya. Karena, dapat mempengaruhi kepuasan dan persepsi karyawan terhadap transparansi perusahaan atas gaji yang diterima. Bahkan, pemerintah pun mengaturnya dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Namun, kewajiban sebuah instansi untuk memberikan slip gaji tidak secara eksplisit dicantumkan dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Disana disebutkan bahwa sebuah perusahaan wajib memberi bukti pembayaran upah kepada pegawai. Dan dalam bukti tersebut harus disertakan rincian mengenai upah pembayaran dan potongan-potongan yang dikenakan kepada pegawai.

Dengan demikian, demi mematuhi peraturan pemerintah, sebuah perusahaan seharusnya rutin memberikan slip gaji sebagai bukti pembayaran kepada karyawan. Tanpa perlu diminta terlebih dahulu oleh karyawan yang bersangkutan. 

Manfaat aplikasi pembuat slip gaji karyawan

Tidak ada peraturan yang mengatur bentuk bukti pembayaran gaji karyawan di Indonesia. Namun, pada Peraturan Pemerintahan Nomor 78 Tahun 2015 mengatur rincian upah harus dicantumkan pada slip gaji. Disana tidak diatur bentuk dokumennya, jadi bisa berupa hard copy ataupun soft copy. Jadi, berikut merupakan manfaat aplikasi slip gaji:

  • Lebih efisien

Menggunakan aplikasi ini akan mempermudah pembuatan slip gaji. Hal ini disebabkan oleh data gaji pokok, tunjangan, upah lembur, serta potongan-potongan lainnya tidak perlu lagi diinput secara manual. Penghematan biaya percetakan juga dilakukan karena slip gaji tak perlu dicetak. 

  • Lebih aman karena berbasis cloud 

Penggunaan aplikasi juga membuat data penghasilan karyawan lebih aman karena tersimpan di dalam cloud secara terenkripsi. Data tersebut tidak dapat diakses oleh pihak lain yang tidak berkepentingan.

  • Menghemat biaya perusahaan

Karena penggunaan aplikasi ini tentu saja tidak membutuhkan kertas (paperless), maka dampaknya ialah tidak hanya ramah lingkungan, namun juga menghemat biaya perusahaan. 

  • Sistem online membuatnya lebih mudah diakses

Slip gaji dapat dikirimkan kepada masing-masing pegawai melalui aplikasi. Hal ini membuat penggunaan aplikasi menjadi accessible atau lebih mudah diakses. Sehingga, karyawan dapat memeriksa penghasilannya kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan gadgetnya.

  • Memudahkan HRD dalam mengelola dan mendistribusikan gaji

Dengan menggunakan aplikasi, HDR akan sangat mudah mengelola serta mendistribusikan gaji karyawan. Pekerjaan yang sebelumnya memakan waktu dan rumit akan dipermudah karena proses yang otomatis dari aplikasi. 

  • Terintegrasi dengan sistem HRIS

Integrasi data merupakan kekuatan utama yang dimiliki aplikasi pembuat slip gaji pegawai. Hal ini akan memudahkan bagian HRD dalam mengakses data jumlah gaji, nomor rekening, serta alamat email karyawan yang berguna untuk proses pembayaran upah karyawan. 

Tujuan pemberian slip gaji kepada karyawan

  • Sebagai bukti bahwa gaji karyawan telah dibayar oleh perusahaan sebesar jumlah yang tercantum dalam slip gaji.
  • Mendukung transparansi penggajian, agar setiap karyawan dapat mengetahui informasi yang detail mengenai perhitungan upah yang mereka terima.
  • Sebagai dokumen sah penghasilan karyawan. Di mana slip gaji dapat digunakan sebagai pengajuan kredit tempat tinggal atau kendaraan. 
Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya perusahaan menggunakan aplikasi slip gaji untuk sistem pembayaran upah karyawannya. 

Meta deskripsi : 

Proses pembayaran upah pada karyawan tergolong rumit. Untuk itu, saat ini perusahaan menggunakan aplikasi slip gaji karena penting untuk sistem pembayaran upah karyawannya. bismilah mudahkan ya allah,