Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aturan Depnaker menghitung Gaji Karyawan

Aturan depnaker menghitung Gaji Karyawan - akan terpapar secara lengkap di contoh perhitungan gaji di bawah, jangan sampai anda melewatkan tautan yang terdapat di atas, karena sangnat penting buat anda ! 

Agar dapat memperkirakan gaji yang sesuai dengan jabatan yang dilamar maka ada baiknya Anda mengetahui keputusan yang dimuat dalam undang-undang ketenagakerjaan. Penghitungan gaji karyawan menurut Depnaker yaitu prosentase minimal gaji pokok karyawan 75% dari total gaji bersih. Jumlah gaji pokok karyawan dalam sebuah perusahaan berbeda-beda tergantung dengan posisi jabatan masing-masing.Anda tentu pernah ditanya berapa besar gaji yang ingin Anda dapatkan setiap bulan pada saat melamar pekerjaan, bukan?

Bagaimana Cara Menghitung Gaji Bulanan Karyawan Kontrak?

Cara penghitungan gaji karyawan kontrak memiliki rincian yang cukup panjang sehingga harus dilakukan dengan teliti. Tabel di bawah ini merupakan cara menghitung gaji bulanan karyawan kontrak atau tidak tetap.

Identitas Karyawan

Nama         : Kirman

Status         : Belum menikah

Status kepegawaian : Karyawan Kontrak

Upah Bulanan         : Rp. 5.500.000


Bagaimana Cara Menghitung Gaji Bulanan Karyawan Tetap?

Dalam perusahaan biasanya terdapat karyawan tetap dan karyawan kontrak. Menjadi karyawan tetap lebih menguntungkan karena tidak memiliki batasan waktu bekerja. Selain itu, seorang karyawan tetap juga berhak mendapatkan tunjangan.

Identitasi Karyawan

Nama         : Saman

Status         : Menikah

Tanggungan         : Anak 1

Status kepegawaian : Karyawan tetap

Gaji bulanan         : 10.000.000

Berikut merupakan rincian cara menghitung gaji bulanan.

Apa Pertimbangan Menentukan Gaji Pokok?

Ada tiga hal penting yang akan dipertimbangkan perusahaan untuk menghitung gaji pokok. Silahkan simak ketiga hal tersebut di bawah ini.

Nilai Pekerjaan Di Pasar

Penentuan gaji pokok disesuaikan dengan nilai pekerjaan Anda di pasar kerja. Hal ini juga dilatarbelakangi oleh pendidikan terakhir dan juga posisi jabatan yang bersangkutan. Penetapan gaji pokok juga dapat berbeda meskipun menduduki posisi yang sama. Perbedaan tersebut dapat terjadi lokasi perusahaan yang berbeda. Misal gaji pokok seorang HRD di kota metropolitan akan berbeda dengan gaji pokok seorang HRD di kota kecil.

Kontribusi Kepada Perusahaan

Seorang karyawan bisa mendapatkan gaji pokok yang cukup tinggi apabila memberikan banyak kontribusi ke perusahaan ia bekerja. Hal ini dapat dilihat dari performa selama bekerja yaitu selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, rajin, disiplin dan lain-lain. Pemberian gaji pokok yang cukup tinggi ini merupakan apresiasi perusahaan kepada karyawan tersebut. Selain itu, karyawan tersebut juga akan menjaga performa kerja atau bahkan semakin meningkatkannya.

Menyesuaikan Dengan Skala Upah

Setiap perusahaan disarankan untuk memiliki skala upah. Skala tersebut menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam membayarkan kewajibannya kepada karyawan. Dengan adanya skala upah maka perusahaan bisa memberikan upah yang lebih tinggi atau bahkan lebih rendah sesuai dengan kemampuan perusahaan tersebut. Apabila pemberian gaji pokok terlalu rendah, biasanya perusahaan akan memberikan kompensasi berupa tunjangan, komisi atau bonus.

Meta deskripsi :

 Perhitungan gaji karyawan menurut Depnaker harus sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan. Cara menghitung gaji bulanan karyawan tetap dan karyawan kontrak sedikit berbeda.

 bismilah mudahkan ya allah -