Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEPERTI INI CARA ATASI KONEKSI INTERNET LEMOT PADA PERANGKAT ANDROID

Koneksi internet yang lambat jadi kendala bagi siapa saja saat work from home. Pasalnya seturut anjuran physical removing, banyak orang yang mengandalkan kelancaran bekerja pada internet. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi kecepatan web yang lambat khususnya pada perangkat Android?
 Sebagaimana dikutip dari laman Support Google. Berbagi cara yang dapat digunakan untuk mengatasi koneksi internet yang lambat pada Android. 


Langkah pertama adalah dengan memastikan koneksi internet yang dimiliki. Anda dapat mengeceknya dan menyambungkan koneksi ke internet melalui pengaturan di dalam ponsel. 

Apabila Anda masih memiliki masalah koneksi internet, segera hubungi administrator jaringan ponsel, Penyedia Layanan Internet (ISP), atau operator seluler yang digunakan. 
Sementara itu, ada pula cara lain yang dapat digunakan untuk atasi masalah ponsel yang melambat yakni sebagai berikut: 

1. Restart ponsel 

Untuk melakukannya, tekan tombol daya ponsel Anda selama sekitar 30 detik atau hingga ponsel Anda restart (mati dan menyala lagi). 
Namun pada beberapa pengaturan ponsel, Anda mungkin perlu menekan ikon Restart yang muncul di layar setelah Anda menekan tombol daya selama 30 detik. 

2. Periksa pembaruan Android 

Secara rutin memutakhirkan software ponsel bisa jadi memperlancar koneksi internet Anda. Pada umumnya, Anda akan mendapat notifikasi apabila tersedia pembaruhan sistem. 
Akan tetapi, pengaturan dapat berbeda di setiap ponsel. Berikut langkah-langkah memperbaharui sistem pada ponsel Android Anda: 

  • Buka pengaturan ponsel Anda 
  • Ketuk Sistem lalu Advanced - Pembaruan sistem. Jika perlu, pertama - ketuk 'Tentang Ponsel' atau 'Tentang tablet' 
Status pembaruan Anda akan muncul. Ikuti setiap langkah di layar 

3. Periksa penyimpanan 

Berikut cara mengetahui penyimpanan memori dalam ponsel Android Anda: 

Buka aplikasi Pengaturan ponsel Anda 

Ketuk Penyimpanan 
Berikutnya, Anda dapat melihat berapa banyak penyimpanan yang tersedia. Ponsel Anda dapat bermasalah jika kapasitas penyimpanan tersedia kurang dari 10 persen dari kapasitas total. 
Untuk mengatasi masalah penyimpanan penuh, Anda dapat mengosongkannya dengan menghapus file atau berkas berupa foto, film, dan data aplikasi. 

Di sisi lain, penting pula bagi Anda untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan. Cara yang dapat dilakukan untuk melakukannya adalah dengan membuka pengaturan ponsel, lalu ketuk 'Aplikasi dan Notifikasi'. Pilih aplikasi, lalu ketuk 'Force Stop'.

 
Lebih lanjut, mengembalikan ponsel pada pengaturan pabrik adalah cara terakhir yang dapat dipilih apabila masalah koneksi internet Anda masih lambat. 


Sementara itu, apabila Anda memilih untuk mengembalikan ponsel pada pengaturan pabrik, Anda sebaiknya melakukan back up data-data penting yang Anda miliki di ponsel sebagaimana disarankan Google. 

Sebab, hal itu dilakukan lantaran data akan hilang apabila Anda mengembalikan ponsel pada pengaturan pabrik atau disebut pula Factory reset.