Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENJAGA TULANG TETAP PRIMA

 Seiring bertambahnya usia, kekuatan dan kepadatan tulang akan semakin berkurang. Namun, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang dan mempertahankan kekuatannya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menjalani gaya hidup sehat. 

Peran tulang bagi tubuh sangatlah banyak. Tak hanya untuk bergerak, tulang juga berperan dalam membentuk struktur atau rangka tubuh, melindungi organ tubuh, dan menyimpan kalsium. 


Tips Menjaga Kesehatan Tulang 

Jika tidak dijaga kesehatannya, tulang akan mudah keropos sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Tulang yang keropos dan lemah juga lebih mudah retak atau bahkan patah, terlebih ketika terjadi cedera. 

Oleh karena itu, agar tulang tetap sehat dan kuat, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini. 

Cara Menjaga Kesehatan Tulang 

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan tulang yang bisa dengan mudah Anda lakukan: 

1. Berolahraga secara rutin 

Kebiasaan jarang bergerak atau berolahraga dapat membuat otot dan tulang menjadi lemah. Beberapa riset menyebutkan bahwa orang yang jarang berolahraga terlihat lebih rentan mengalami masalah pada tulang, seperti osteoporosis. 

Oleh karena itu, jika selama ini Anda jarang berolahraga, mulai sekarang cobalah untuk lebih aktif bergerak dan rutin berolahraga guna menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk kepadatan tulang adalah latihan angkat beban, running, jalan santai, dan yoga. 

2. Tidak melewatkan sarapan 

Mungkin masih banyak orang yang sering melewatkan sarapan. Padahal, makan pagi atau sarapan penting dilakukan agar tubuh memperoleh nutrisi dan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda dapat memilih menu sarapan yang mengandung banyak kalsium dan nutrient D. 


Sumber kalsium terbaik adalah susu, keju, yogurt, kacang kedelai, serta sereal yang diperkaya dengan kalsium. Sementara itu, nutrient D bisa Anda peroleh dari minyak ikan dan telur. 

Lengkapi juga dengan pola makan sehat bergizi seimbang dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. 

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi 

Sinar matahari pagi merupakan sumber nutrient D alami yang diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Jika kekurangan nutrient D, Anda akan lebih rentan mengalami kekurangan kalsium sehingga tulang joke akan lebih mudah keropos. 

Oleh karena itu, cobalah untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi setidaknya 2–3 kali seminggu, tepatnya sebelum pukul 9 pagi selama 5–15 menit. 

4. Membatasi konsumsi minuman beralkohol dan tidak merokok 

Kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti sering merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, terbukti dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang. Selain itu, kebiasaan tersebut juga dapat membuat tubuh rentan mengalami kekurangan kalsium dan nutrient D, sehingga tulang akan lebih rapuh. 

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tulang, Anda disarankan untuk menjauhi minuman beralkohol dan menghentikan kebiasaan merokok. 

5. Mengonsumsi suplemen 

Tak hanya mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga dapat memenuhi asupan kalsium dan nutrient D dengan mengonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. 

Suplemen tersebut juga baik dikonsumsi oleh wanita yang telah menopause, karena perubahan hormon di masa tersebut bisa menyebabkan jaringan tulang menjadi lebih lemah. 

Orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.000–1.200 miligram per hari, sedangkan asupan nutrient D sebanyak 15–20 mikrogram atau sekitar 600–800 IU per hari. 

Untuk menentukan dosis suplemen kalsium dan nutrient D yang tepat, Anda dapat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

6. Menjaga berat badan 

Berat badan ideal penting untuk tetap dijaga guna mempertahankan kekuatan dan kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan bahwa berat badan berlebih (overweight), obesitas, atau justru kekurangan berat badan turut berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya kerusakan dan cedera pada tulang. 

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal guna melindungi kesehatan tulang. 

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan pola hidup yang sehat merupakan kunci utama untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang hingga usia lanjut. 

BACA JUGA : KETAHUI RAGAM CARA MENJAGA TULANG YANG SEHAT

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda juga dianjurkan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan pemeriksaan Rontgen dan bone sweep untuk memantau kondisi tulang Anda. 

Apabila mengalami keluhan tertentu pada tulang, misalnya tulang sering terasa nyeri, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.